Evaluasi Pelayanan Data melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
Dasar hukum | : | PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik |
Konsep Kegiatan | : | Kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. |
Tujuan Kegiatan | : | Mendapatkan bahan evaluasi dari konsumen dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan data dan informasi statistik |
Pelaksanaan Kegiatan | : | Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)” |
Periode Pelaksanaan | : |
1. Tahunan |
Pelaksana Kegiatan | : | Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik |
-
No Uraian Link Unduh 1 Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2021 Unduh 2 Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2020 Unduh 3 Infografis Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2020 Unduh 4 Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2019 Unduh 5 Infografis Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2019 Unduh 6 Infografis Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2018 Unduh 7 Hasil Survei Kebutuhan Data 2018 Unduh 8 Infografis Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2017 Unduh 9 Hasil Survei Kebutuhan Data 2017 Unduh 10 Hasil Survei Kebutuhan Data 2016 Unduh 11 Hasil Survei Kebutuhan Data 2015 Unduh 12 Hasil Survei Kebutuhan Data 2014 Unduh 13 Hasil Survei Kebutuhan Data 2013 Unduh 14 Hasil Survei Kebutuhan Data 2012 Unduh 15 Hasil Survei Kebutuhan Data 2011 Unduh 16 Hasil Survei Kebutuhan Data 2010 Unduh 17 Hasil Survei Kebutuhan Data 2009 Unduh
PENGUNJUNG WEBSITE BPS PROVINSI SUMATERA BARAT
Jumlah Pengunjung Website BPS Provinsi Sumatera Barat hingga 31 Juli 2022
sebagai berikut:
Bulan | Jumlah Kunjungan | ||||||||
2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | |
2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 |
Januari | 2.807 | 5.189 | 4.466 | 5.317 | 9.865 | 7.301 | 6.799 | 10.383 | 9.145 |
Februari | 3.180 | 6.866 | 3.908 | 3.388 | 8.627 | 7.203 | 8.045 | 10.925 | 9.147 |
Maret | 4.480 | 8.095 | 4.896 | 5.793 | 10.044 | 5.410 | 8.485 | 12.979 | 10.691 |
April | 4.313 | 7.183 | 6.061 | 4.597 | 8.870 | 6.360 | 8.510 | 10.803 | 7.847 |
Mei | 4.122 | 7.335 | 4.350 | 4.413 | 8.699 | 4.905 | 6.553 | 6.188 | 7.107 |
Juni | 2.852 | 3.526 | 2.901 | 3.039 | 4.132 | 2.617 | 5.504 | 8.189 | 9.324 |
Juli | 2.767 | 1.719 | 2.422 | 3.897 | 7.355 | 3.615 | 5.768 | 7.035 | 7.122 |
Agustus | 3.357 | 2.621 | 3.923 | 4.419 | 8.530 | 3.693 | 5.736 | 7.434 | |
September | 6.313 | 5.262 | 4.750 | 4.652 | 8.838 | 5.037 | 7.988 | 9.542 | |
Oktober | 7.145 | 5.106 | 5.913 | 6.148 | 11.067 | 6.344 | 8.351 | 9.603 | |
November | 7.045 | 5.116 | 5.572 | 5.138 | 9.814 | 6.485 | 7.882 | 10.041 | |
Desember | 5.595 | 4.086 | 4.201 | 3.144 | 8.140 | 5.272 | 8.721 | 8.736 | |
Jumlah | 53.976 | 62.104 | 53.363 | 53.945 | 103.981 | 64.242 | 88.342 | 111.858 | 60.383 |
PENGUNJUNG PELAYANAN STATISTIK TERPADU (PST) BPS PROVINSI SUMATERA BARAT
Jumlah Kunjungan PST di BPS Provinsi Sumatera Barat sampai tanggal 31 Juli 2022
sebagai berikut:
No |
Bulan |
Jumlah Kunjungan |
||||||||
2014 |
2015 |
2016 |
2017 |
2018 |
2019 |
2020 |
2021 |
2022 |
||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
(11) |
(12) |
1 |
Januari |
726 |
489 |
425 |
307 |
359 |
159 |
134 |
57 |
64 |
2 |
Februari |
293 |
1.045 |
734 |
504 |
367 |
351 |
228 |
95 |
32 |
3 |
Maret |
882 |
1.267 |
505 |
511 |
293 |
252 |
87 |
97 |
114 |
4 |
April |
872 |
1.073 |
524 |
343 |
278 |
201 |
1 |
48 |
44 |
5 |
Mei |
683 |
767 |
351 |
306 |
221 |
113 |
2 |
16 |
37 |
6 |
Juni |
490 |
595 |
231 |
141 |
64 |
86 |
38 |
68 |
81 |
7 |
Juli |
339 |
284 |
121 |
145 |
160 |
149 |
37 |
45 |
55 |
8 |
Agustus |
423 |
493 |
294 |
200 |
115 |
100 |
16 |
47 |
|
9 |
September |
770 |
617 |
437 |
216 |
130 |
162 |
25 |
52 |
|
10 |
Oktober |
810 |
563 |
380 |
311 |
242 |
184 |
11 |
46 |
|
11 |
November |
665 |
545 |
371 |
193 |
166 |
145 |
39 |
74 |
|
12 |
Desember |
540 |
393 |
258 |
339 |
102 |
128 |
52 |
49 |
|
Jumlah |
7.493 |
8.131 |
4.631 |
3.516 |
2.497 |
2.030 |
670 |
694 |
427 |
Ringkasan Permintaan Informasi Publik
A. Banyaknya permohonan informasi publik baik tertulis maupun tidak tertulis adalah sebagai berikut;
Tabel 1. Banyaknya Permohonan Informasi Publik Tahun 2021
Jumlah Permohonan informasi publik yang diterima dari Januari sampai dengan Desember 2022 sebanyak 250 orang
Tabel 2. Banyaknya Permohonan Informasi Publik Tahun 2022
Jumlah Permohonan informasi publik yang diterima dari Januari sampai dengan Juli 2022 sebanyak 134 orang
B. Banyaknya Masyarakat yang mengakses informasi secara online melalui website adalah sebagai berikut;
Banyaknya masyarakat yang mengakses informasi publik secara online (https://sumbar.bps.go.id) pada tahun 2021 sebanyak 111.858 orang. Akses terbanyak terjadi pada bulan Maret 2021 yang diketahui masih banyaknya kasus pandemik Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, sehingga masyarakat cenderung untuk mengakses informasi publik melalui website. Pada bulan berikutnya masyarakat yang mengakses website kembali turun sampai dengan bulan Agustus, dan pada bulan September sampai dengan November kembali normal sekitar 10 ribu orang per bulan dan turun menjadi 8 ribu orang pada bulan Desember seperti pada grafik dibawah ini.
Gambar 1. Banyaknya Akses Layanan Informasi Publik Secara Online Tahun 2021
Gambar 2. Banyaknya Akses Layanan Informasi Publik Secara Online Januari sd Juli Tahun 2022
C. Banyaknya Pengunjung Pelayanan Statistik Terpadu (PST) secara langsung adalah sebagai berikut;
Berdasarkan Gambar 3 di bawah ini terlihat perkembangan permohonan informasi kegiatan dan data statistik melalui Pelayanan Statistik Terpadu (PST), yang disediakan bagi pengguna data, mulai dari layanan perpustakaan tercetak, perpustakaan digital, konsultasi statistik, data mikro, rekomendasi statistik, dan layanan penjualan produk BPS. Media permohonan PST terdiri dari berbagai media, baik secara langsung, telpon/whatsapp amupun surat. Setelah adanya pengalihan layanan diutamakan secara online, masyarakat cenderung mengajukan permohonan untuk konsultasi tentang kegiatan dan data statistik secara online.
Gambar 3. Banyakanya Permohonan PST Menurut Media Tahun 2021
Gambar 4. Banyakanya Permohonan PST Menurut Media Januari sd Juli Tahun 2022